7 Tips Memilih Kampus atau Universitas Setelah SMA

Ada masalah besar yang dihadapi calon mahasiswa saat hendak memilih kampus impian. Ada yang terlalu tergesa-gesa, ada juga yang sembarangan ikut-ikutan temannya. Khusus untuk kamu yang membaca artikel ini, jangan sampai seperti pendahulu kamu. 

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi semua itu? 

Tentu saja kamu harus pintar dalam memilih bahkan mempertimbangkan banyak hal terkait kampus yang ingin kamu masuki. 
Berikut 7 tips untuk kamu yang sedang memilih kampus dan mencari jurusan yang sesuai!

1.  Gali Informasi Lebih Lanjut

Tak kenal maka tak sayang, kata pepatah ini juga harus kamu terapkan saat memilih universitas tujuan kamu. Cari informasi sebanyak-banyaknya, mulai akreditasi, program studi, biaya perkuliahan jika itu swasta, lokasi dan sebagainya.

2.  Mencari Tahu Jurusan yang Sesuai Bakat

Di SMA umumnya terdapat jurusan Sosial dan IPA. Keduanya dibagi lagi menjadi beberapa prodi (Program Studi), misalnya saja jurusan MIPA yang di dalamnya terdapat jurusan Teknik Elektro, Teknik Nuklir, dsb. Kamu harus tahu potensi kamu berada dimana.

Jangan sampai kamu salah memilih prodi yang membuat diri kamu stress di kemudian hari.

3.  Ikuti Program Beasiswa

Siapa di sini yang tidak suka beasiswa? 

Semua orang mengincar pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur beasiswa untuk mendapatkan universitas idaman. Beasiswa sangat penting sekali buat kamu yang ingin masuk ke kampus ternama tetapi tidak memiliki biaya yang cukup. 

Dengan mengandalkan prestasi dan sejenisnya kamu bisa masuk ke kampus impian kamu, bahkan tanpa dipungut biaya. Cari informasi terkait beasiswa di Internet, bisa kunjungi situs website kampus tujuan kamu.

Kalau kamu kesulitan dalam mencari informasi mengenai beasiswa, kamu bisa mencoba layanan dari GoKampus untuk memudahkan pencarian beasiswa.

4.  Kualitas dan Hal-Hal yang Menyangkut Akreditasi

Baik universitas swasta maupun negeri, pasti memiliki nilai akreditas yang berbeda. Nilai ini menentukan mutu, sistem dan semua hal yang berkaitan proses pendidikan.

Kalau kamu ingin memasuki universitas swasta, cari universitas yang memiliki akreditasi A atau minimal B. Seperti STIE Yapan di kota Surabaya.

Pendaftaran STIE Yapan saat ini sedang dibuka untuk tahun ajaran 2020/2021, kampus ini juga sedang membuka program beasiswa.

5.  Lokasi

Lokasi yang jauh akan membuat pengeluaran uang harian kamu bertambah untuk menaiki kendaraan umum. Lalu, kalau universitas tersebut berada di tengah kota maka itu bisa akan menghambat proses belajar kamu. Kamu bisa saja ketinggalan kelas karena macet saat di jalan.

6.  Berpikir Tenang

Banyak calon mahasiswa di luar sana yang menyesal karena memasuki fakultas yang tidak sesuai keinginan. Itu bisa terjadi karena beberapa faktor, bisa karena terburu-buru, tidak kritis atau disebabkan karena ikut-ikutan temannya. 

Bersikap tenang dan tetap kritis, ini akan membantu kamu untuk memilih opsi terbaik sesuai potensi yang kamu miliki. Bersikap ceroboh hanya akan membuat semuanya berantakan dan membuat kamu pusing sendiri.

7.  Biaya Masuk Kuliah

Dari sekian banyak faktor, salah satu yang harus kamu pertimbangkan adalah biaya masuknya. Apalagi jika universitas tersebut milik organisasi swasta, kalau kamu tidak menggunakan program beasiswa kamu harus menyikat habis kantongmu.

Ya, itu tadi beberapa tips buat kamu yang hendak terjun ke dunia kampus. Selalu pikirkan matang-matang untuk memilih berbagai opsi, yang terpenting adalah jangan terburu-buru. 

Untuk memudahkan kamu masuk ke STIE Yapan dan agar cepat diterima, kamu disarankan untuk menggunakan layanan Instant Approval dari GoKampus. 

Layanan ini akan memudahkan sekaligus mempercepat waktu tanggap penerimaan calon mahasiswa. Ayo jadi mahasiswa terbaik lewat aplikasi goKampus!

0 komentar